306 Anak Yatim dari Tujuh Kecamatan Ikuti Yatim Fest VII, Bupati Eka : Ini Wujud Kepedulian dari Pemda Tanah Datar

KHATULISTIWA | Batusangkar
Sebanyak 306 anak yatim dari 7 (tujuh) Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar ikuti Yatim Fest VII yang diselenggarakan di Masjid Al Amin Piliang, Kecamatan Lima Kaum, Minggu (9/4/2023).

Adapun tujuh Kecamatan tersebut yakni Kecamatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Batipuh Selatan, Kecamatan Padang Ganting, Kecamatan Lintau Buo, Kecamatan Lintau Buo Utara, dan Kecamatan Tanjung Baru.

Acara pun, dibuka secara resmi Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE.,MM. yang disaat bersamaan memberikan bantuan uang tunai sebesar 1 juta rupiah dan satu unit sepeda kepada anak yatim penghafal Al Quran guna mendorong motivasi mereka.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengatakan kegiatan tersebut dinilai mulia sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim di luhak nan Tuo ini.

“Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kepada anak yatim. Menurut kita, ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Bupati Eka Putra menambahkan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar terus berupaya melakukan hal terbaik, dengan ikut berkontribusi mensejahterakan anak tidak mampu termasuk didalamnya anak yatim, agar bisa melanjutkan pendidikannya.

“Bekerjasama dengan Baznas Tanah Datar, Pemda telah menggelontorkan beasiswa pendidikan bagi anak kurang mampu (anak yatim). Ini sebagai bentuk komitmen Pemda, bahwa tidak ada lagi anak di Tanah Datar yang tidak melanjutkan pendidikannya karena terhambat biaya,” ujarnya.

Bupati Eka Putra pun mengajak untuk mensukseskan program Satu Rumah Satu Hafizh, “Mari kita motivasi anak-anak, untuk mengiatkan program Satu Rumah, Satu Hafizh. Kita harapkan melalui program ini, akan lahir generasi yang Qurani, menuju masyarakat madani,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra menyerahkan sumbangan pribadi kepada anak yatim di acara Yatim Fest VII sebesar 10 juta rupiah untuk menambah anggaran donatur bagi 306 anak yatim.

Sementara itu, Ketua Pengurus YAI Batusangkar Olla Anas dalam laporannya mengatakan Yatim Fest VII menghadirkan anak yatim dari Kecamatan yang berbeda dari tahun lalu.

“Sengaja kita pilih anak yatim dari Kecamatan berbeda dari tahun lalu, agar yang di dapat dari Yatim Fest VII ini, bisa dirasakan anak yatim lainnya secara bergantian,” ujarnya.

Ia menambahkan Yatim Fest VII dilaksanakan bekerjasama dengan berbagai pihak, yang bertujuan untuk berbagi kebahagian kepada anak yatim.

“Harapan kita, ke depan lebih banyak lagi anak yatim yang terfasilitasi. Mudah-mudahan niat kita bersama dapat di kabulkan Allah SWT,” ujarnya. (El/pkp)

Pos terkait