Apresiasi PICA Festival, Wagub Bali Cok Ace : Ajang Ini Berdampak Bagi Peningkatan Ekonomi Bali

KHATULISTIWA | Bali

Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, mengapresiasi digelarnya kembali perhelatan Paradise Island Clothing Association (PICA) Festival, yang adalah festival clothing terbesar di Bali.

“Sore ini kita kembali berkumpul dalam keadaan sukacita untuk menghadiri Pica Fest kedelapan. Pertama saya harus apresiasi dulu rangkaian acaranya yang luar biasa. Dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya,” kata Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini, saat membuka resmi PICA Festival di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (27/07/223).

Kehadiran PICA Fest, menurut Wagub sangat sejalan dengan visi dari Pemerintah Provinsi Bali dengan 6 sektor unggulan yang dicanangkan. “Kita memprioritaskan Koperasi dan UMKM, Industri manufaktur branding Bali dan industri kreatif. Dan ajang ini bisa jadi tempat kalangan milenial untuk menunjukkan kreasinya,” tukasnya.

“Jika terus konsisten seperti ini maka skalanya bisa meningkat tidak hanya lokal. Jangan lupa perkembangan fashion luar juga harus kita lihat dan kembangkan pula hal hal yang kita punya, yang bisa go nasional dan go internasional. Sehingga ajang ini jadi ajang yang menarik orang luar Bali untuk berkunjung,” tambah Guru Besar ISI Denpasar ini.

Lebih jauh menurut Wagub, kondisi ekonomi Bali terus menunjukkan pemulihan. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Bali yang terus meningkat. Pada tahun 2022, ekonomi Bali hanya tumbuh 4,8 persen, kemudian pada triwulan I 2023, tumbuh 6,04 persen.

“Kita harapkan ajang seperti ini akan berpengaruh di kuartal ketiga nanti, dan perekonomian akan meningkat terus dengan peningkatan yang signifikan,” tandasnya.

“Sekali lagi terima kasih untuk penyelenggara, pengisi acara dan pengunjung yang sudah berpartisipasi,” ungkap Penglingsir Puri Ubud ini.

Sekedar informasi, PICA Fest 2023 digelar selama 27-30 Juli 2023 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Festival clothing yang sudah digelar sebanyak delapan kali ini ditargetkan dapat mencetak transaksi mencapai Rp 15 miliar selama empat hari penyelenggaraannya.

Pica Fest tahun ini menghadirkan 55 brand dan 100 booth yang semuanya dari brand lokal Bali serta 103 booth kuliner. Venue festival kali ini pun lebih luas dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu, yakni menggunakan lebih dari 3 hektare Lapangan Niti Mandala Denpasar.

Dibukanya PICA Fest 2023 ditandai dengan penekanan tombol oleh Wagub Cok Ace, serta didampingi pula oleh Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Anggota DPR RI Nyoman Parta, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Bali Wayan Jarta serta Kadis Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun. (yd/rdr)

Pos terkait