Baharuddin Tuo Malin Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua LKAAM Pasaman Barat Periode 2022 – 2027

KHATULISTIWA | Pasaman Barat, Sumatera Barat 

Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat Baharuddin Tuo Malin resmi dikukuhkan sebagai Ketua LKAAM Pasaman Barat oleh Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, H. Fauzi Bahar, bertempat di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (05/01).

Dengan dilantiknya Drs. H Baharuddin R,MM yang menyandang gelar Tuo Malin sebagai Ketua LKAAM Pasaman Barat bersama jajaran Pengurus lainnya, berarti kepengurusan LKAAM Pasaman Barat periode 2022-2023 sudah resmi keberadaannya di Kabupaten Pasaman Barat.

H Fauzi Bahar selaku Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar dalam sambutannya berharap LKAAM Pasaman Barat di bawah kepemimpinan Baharuddin Tuo Malin dan jajarannya akan dapat bersinar dan Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah (ABS-SBK) dapat terlaksana, terutama dalam mewarisi dan membina, mengawasi anak kemenakan dari berbagai pengaruh negatif lainnya seperti, narkoba dan LGBT termasuk perjudian maupun jenis penyakit masyarakat lainnya.

Fauzi Bahar mengatakan,”Pak Bahar ini dari polisi berpangkat Bharada hingga mencapai Letkol, beliau orang luar biasa, kita berharap LKAAM Pasaman Barat bisa bersinar dan maju di tangan beliau,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa ninik mamak memiliki peran strategis dalam membina anak kemenakan dimasa depan, hal tersebut diungkapkannya, apalagi saat ini Kapolri sudah mencanangkan restorative justice (penyelesaikan perkara tidak sampai ke pengadilan). Misalnya pencurian antara anak kemenakan di kampung, ninik mamaklah yang berperan untuk menyelesaikannya, tak mesti sampai ke persidangan, apa lagi sampai kantor polisi atau jaksa.

Dalam hal ini, Fauzi Bahar menyebut Pasaman Barat adalah negeri yang kaya potensi, untuk itu LKAAM sangat berperan, bagaimana agar ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan kekayaan sumber daya alam teesebut untuk kemakmuran anak kemenakan dan masyarakat setempat.

Ketua LKAAM Pasaman Barat terpilih Baharuddin R, Tuo Malin seusai dikukuhkan menyampaikan, dirinya bersama segenap pengurus LKAAM lainnya akan bersinerji dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan bertekad memajukan adat di Pasaman Barat.

“Kita akan bertekad untuk memajukan adat di Pasaman Barat dengan membuat hal- hal positif sehingga generasi muda bisa terhindar dari narkoba, LGBT dan kenakalan remaja lainnya,” terang Bahar.

Maka dari itu, Baharuddin yang juga sebagai tokoh dan orang tua Pasaman juga minta dukungan Pemkab Pasaman Barat dalam memajukan keberadaan LKAAM Pasaman Barat, terutama dalam mempersiapkan pembangunan rumah Adat Pasaman Barat.

Hal tersebut sangat beralasan, sebab di beberapa daerah Sumbar lainnya keberadaan LKAAM bahkan Rumah Adat pembangunannya dilaksanakan oleh pemerintah, terang Bahar.

Bahar mengatakan saat ia berkunjung ke Kota Solok, ia melihat Pemkot Solok membangun rumah adat Solok dengan nilai Rp 1,2 M. Hal ini menurut Bahar sebagai bukti besarnya perhatian Pemkab Solok terhadap kaum adat di Kota Solok, semoga Pemkab Pasaman Barat juga mempersiapkan hal yang sama buat Kaum Adat di Pasaman Barat.

Turut hadir dalam acara pengukuhan Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kadis Kebudayaan Sumbar, Syaifullah, juga terlihat hadir Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, Wabup Risnawanto, Ketua DPRD Pasaman Barat, Erianto,bersama Forkopimda dan Kadispar Pasaman Barat, Decky H. Sahputra serta OPD lainnya, termasuk Bundo Kanduang, Ketua LKAAM se Sumbar, KAN se Pasaman Barat, dan pimpinan BMUN dan swasta setempat serta tamu undangan lainnya.

Kadis Kebudayaan Sumbar, Syaifullah memberikan apresiasi atas pelantikan LKAAM Pasaman Barat yang cukup meriah dengan suasana silaturahmi yang tinggi, “Saya berharap agar budaya terus dilestarikan di Pasaman Barat, dengan mendaftakan potensi budaya, citus di daerah ke kementerian atau ke Dinas Kebudayaan Sumbar,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi menyampaikan, Pemkab Pasaman Barat akan memiliki perhatian penuh terhadap LKAAM Pasaman Barat dan ninik mamak serta siap untuk membangun Kantor LKAAM Pasaman Barat secepatnya.

Adapun program LKAAM dalam membangkitkan ABS SBK sejalan dengan program unggulan Pemiab Pasaman Barat, terutama program magrib mengaji dan Tahfidz Alquran,“Hal ini jelas sangat sejalan dengan program LKAAM Pasaman Barat yakni, Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah,” ujar Hamsuardi.

Adapun pengurus LKAAM Pasaman Barat yang dilantik adalah Ketua, H Baharuddin R.MM.Tuo Malin, Sekretaris, H.Anwir SH.Dt Bandaro, Bendahara Edy Warman Dt Rajo Alam.

Dewan Pertimbangan TK.Jailani Yang Dipertuan Parik Batu, Wakil Sekretaris H. Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali, Sekretaris Mailizar Dt. Rajo Sampono.

Ketua Harian, Khaidir Dt.St.Kabasaran. Wakil Ketua I, Ednarsyah Rangkayo Bungo Tanjuang Waka II, H.Dawar Majo Garang, Waka III, Syamsuardi St. Lauik Api, Waka IV,Nefrahadi Tuanku Sambah.

Pengurus LKAAM juga dilengkapi dengan 9 bidang yakni,

  1. Bidang Organisasi Kewarisan dan Keanggotaan Ketua, Kasiman Majo Batuah,
  2. Bidang Penyelesaian Sangketa Sako dan Pusako (ABSSBK) Ketua, Muslim Rajo Magek,
  3. Bidang Pemberdayaan Tanah Ulayat / Aset Nagari Ketua, Tk.M.Arif Dt. Majo Basa,
  4. Bidang Advokasi dan Hukum Ketua, Asnirizal Dt. Rangkayo Mulia.
  5. Bidang Pembinaan Adat dan Syara Ketua, Nofriado K. Imam Rajo.
  6. Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Anggota Ketua, H.Kusnadi Dt. Rajo Batuah.
  7. Bidang Pemuda dan Seni Permainan Anak Nagari Ketua, Doni Wandra Dubalang Sinaro,
  8. Bidang Pemerintahan Nagari dan KAN Ketua, Syafril Sutan Ameh,
  9. Bidang Humas, Informasi dan Publikasi Ketua, M Junir Sutan Rajo Ameh, anggota Irfan St Pangeran, Afdal Adian.

Jalannya proses pengukuhan LKAAM Pasaman Barat berlangsung sukses dan meriah, ditambah lagi kemeriahan tersebut diakhiri dengan makan bajamba (makan duduk baselo secara bersama) yang membuat suasana silaturahmi semakin hidup. (an)

Pos terkait