Buka Jambore Kader PKK Berprestasi, Lise Eka Putra : Bangun Rasa Kebersamaan Sesama Pengurus dan Kader

KHATULISTIWA | Batusangkar, Tanah Datar

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra memberikan apresiasi kepada Kecamatan Tanjung Emas yang menggelar Jambore PKK Tingkat Kecamatan Tahun 2023 dan diikuti oleh 4 (empat) nagari dikecamatan tersebut.

“Kita mengapresiasi jambore PKK di Kecamatan Tanjung Emas ini, saya berharap ini juga menjadi contoh bagi kecamatan lain di Kabupaten Tanah Datar, dapat juga membuat hal yang sama,”ujarnya.

Hal itu disampaikan Ny. Lise Eka Putra ketika membuka secara resmi Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kecamatan Tanjung Emas, Kamis (20/07) di ruangan serbaguna kantor camat setempat.

“Saya berharap setiap kecamatan di Tanah Datar juga dapat melaksanakan jambore ini, untuk membangun sebuah rasa, semangat kebersamaan sesama pengurus dan kader, karena ini juga sebuah wadah silaturrahmi dan kegembiraan dan juga untuk memperdalam ilmu, apa sih itu PKK, apa saja program-programnya, ”ujarnya.

Ny. Lise menyebut di dalam jambore PKK ada pesan-pesan bagaimana program pemberdayaan dalam 10 Program Pokok PKK itu dijalankan disemua tingkatan mulai dari pusat hingga daerah bahkan lini terkecil rumah tangga dengan program dasawismanya dan begitu juga dengan gerakan PKK nya.

Terkait isu-isu kenakalan remaja Ny. Lise Eka Putra berharap kepada masyarakat dan orang tua untuk terus meningkatkan pemantauan terhadap anak-anak dan generasi penerus bangsa ini, dari itu juga sangat diperlukan ketahanan keluarga dan pemahaman agama yang kuat dan juga pengetahuan adat seperti juga upaya pemerintah daerah melahirkan berbagai program unggulan seperti satu rumah satu hafizh/hafizah.

“Tugas seorang Ibu sebagi tiang dalam rumah tangga harus kokoh, jaga anak kita, cintai anak kita dengan sepenuh hati, menyayangi bukan berarti memanjakan tetapi dengan cara yang benar,”ulasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani menyampaikan untuk realisasi progul pemkab Tanah Datar yaitu Bajak Sawah gratis Kecamatan Tanjung Emas tertinggi di 14 kecamatan di Tanah Datar.

Sementara untuk gerakan PKK mulai dari tahun 2022 Kecamatan Tanjung Emas sudah dua kali mewakili Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatera Barat dan tahun 2023 ini kelompok dasawisma Nagari Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas juga mewakili ke tingkat provinsi.

“Semoga jambore ini menjadi penyemangat bagi kader ditambah lagi jambore ditingkat kecamatan ini yang perdana dilaksanakan, sehingga ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengetahuan kader tentang 10 program pokok PKK,”ujarnya.

Sebelumnya Camat Kecamatan Tanjung Emas Zulkifli Idris mengatakan jambore ini murni dilaksanakan oleh TPPKK kecamatan dan nagari dan diikuti lebih kurang 250 kader dan juga diisi dengan aksi donor darah bagi masyarakat di Kecamatan Tanjung Emas.

“Jambore kita ini diikuti oleh 4 (empat) nagari dengan 19 jorong, yang menampilkan stand dengan berbagai produk UMKM seperti makanan dan kerajinan tangan,”ucapnya.

Zulkifli juga sebut berbagai progul daerah yang sangat membantu masyarakat kecil seperti program bajak gratis yang sukses di Kecamatan Tanjung Emas dan progul Makan Rendang dalam upaya memberantas rentenir atau tengkulak yang sangat menjerat masyarakat.

Usai pembukaan dan menyaksikan parade yel-yel dari kontingen Ketua TPPKK Ny. Lise Eka Putra berkesempatan mengunjungi Stand UMKM dan membeli berbagai produk makanan olahan dan oleh-oleh khas dari berbagai nagari di Kecamatan Tanjung Emas tersebut. (El)

Pos terkait