Bupati Eka Putra Sambut Kunjungan Pimpinan Media Karangkraf Shah Alam Selangor Malaysia

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Pimpinan media terbesar Negara Malaysia Kumpulan Media Karangkraf Shah Alam Selangor Malaysia Hashim bin Anang temui Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di kediamannya rumah dinas komplek Indo Jolito Batusangkar, Kamis malam (25/01).

Hashim Anang katakan, hubungan kekerabatan media Malaysia dengan Kabupaten Tanah Datar sudah sejak lama. Dimana, rombongan media dari Tanah Datar ini pernah berkunjung ke Malaysia, khususnya ke Kumpulan Media Karangkraf yang menerbitkan Akbar Sinar Harian.

“Kami juga sering ke Sumatera Barat dengan berbagai agenda kegiatan, dan Saya tak boleh lupa bersama Menhan waktu itu ketika mengantar bantuan pada saat berlaku bencana gempa bumi besar yang terjadi di Sumatera Barat, berpusat di Kota Padang beberapa tahun lalu itu,” ucapnya.

“Hari ini kami datang lagi ke Sumatera Barat, khususnya ke Tanah Datar. Hal ini juga sebagai upaya melanjutkan hubungan keakraban itu, dan kita sangat berterima kasih karena disambut langsung pak Bupati,“ tambahnya.

Hashim Anang sebut, usai bincang-bincang dengan Bupati Eka Putra ternyata ada hal yang menarik tentang wisata sejarah Luhak Nan Tuo Tanah Datar yang patut diketengahkan di Malaysia.

“Khususnya di Kualalumpur, dikawasan Kampung Baru warganya yang berasal dari Minangkabau ramai disitu yang bergerak dibidang perniagaan, dan karena kesibukan mereka tidak sempat untuk mengetahui asal-usul dan kampung mereka di Minangkabau,“ ulasnya.

Dikatakannya, lawatan ke Tanah Datar ini ke depannya dapat berlanjut dengan berbagai bentuk kerja sama. Sehingga, apa yang menjadi harapan dari Bupati Tanah Datar dapat mengekspos potensi-potensi Tanah Datar Luhak Nan Tuo di Malaysia dapat terwujud, ke depannya bisa juga menjadi wisata leluhur bagi warga Malaysia.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra ucapkan selamat datang di Tanah Datar kepada petinggi media tersohor di Malaysia Hashim bin Anang, dan menyambut baik rencana kerja sama eksplore keunikan serta sejarah Tanah Datar di media-media Malaysia itu.

“Banyak sekali keunikan dan wisata-wisata sejarah di Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini yang belum terekspos dan itu sangat baik sekali dipublish bagi media-media di Malaysia, dan kita sangat berterima kasih,“ ucapnya.

Bupati Eka Putra juga katakan, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah untuk terus menggali dan mengangkat potensi daerah dengan melahirkan berbagai Program Unggulan (Progul) seperti dibidang pariwisata “Satu Nagari, Satu Event”.

“Kita punya progul Satu Nagari Satu Event, inilah yang kita angkat ke khasan masing-masing nagari di Tanah Datar, itu tidak sama setiap nagari, kita munculkan kembali tradisi dan budaya tempo dulu, kuliner spesifik dan keunikan lainnya,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati berharap, dengan kunjungan Pengurus Tugas-Tugas Khas Kumpulan Karangkraf Hashim Anang ini, ke depannya ada juga media-media dari Malaysia datang ke Tanah Datar dan ikut meliput kalender event di Tanah Datar seperti satu nagari satu event tersebut.

Dengan itu, Bupati Eka Putra punya harapan ke depannya Tanah Datar akan lebih terexplore lagi ke berbagai belahan dunia dan wisatawan akan banyak berkunjung ke Tanah Datar, baik wisata alam, budaya, sejarah, geopark, kuliner dan keunikan lain yang bisa dinikmati di Tanah Datar, ekonomi masyarakat meningkat dan home stay juga akan terus berkembang.

Turut mendampingi Bupati, Asisten Administrasi Umum Setda Tanah Datar Jasrinaldi, Kadis Kominfo Tanah Datar Yusrizal, Sekretaris Disparpora Afrizal dan Tim Percepatan Pembangunan Daerah Edi Susanto dan Abdul Hakim, (El)

Pos terkait