Diskominfo Sijunjung Gelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi Menuju Revolusi 5.0

Khatulistiwa, Sijunjung – Sumbar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung gelar literasi kesadaran keamanan informasi di Balairung Lansek Manih, Senin (29/8/22).

Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo dalam laporannya mengatakan Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) berAKHLAK di dunia nyata dan dunia maya tahun 2022.

“Maksud diselenggarakannya kegiatan ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengamanan dan melindungi informasi demi mencegah terjadinya serangan siber,”jelasnya.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ketahanan diri beraktivitas di ruang siber”

Peserta dari kegiatan ini sebanyak 70 orang yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Camat Se-kabupaten Sijunjung serta kasubag umum dan kepegawaian perangkat Daerah,”terangnya.

Sekretaris Daerah Sijunjung, Zefnihan saat membuka kegiatan tersebut mengatakan saat ini kita melangkah ke zona revolusi industri 5.0, Dimana kemudahan akses terhadap dunia siber memungkinkan terjadinya pencurian data dan tindak kejahatan siber yang merugikan secara meterial dan mental.

Untuk mengatasi itu diperlukan kesadaran keamanan dalam penggunaaan alat telekomunikasi agar tidak terjadi kebocoran data,”ungkapnya.

ASN berkewajiban menjaga rahasia kedinasan, rahasia negara dan keamanan data privasi sendiri,”imbaunya.

Hingga kini, Sijunjung telah menerbitkan 860 sertifikat sejak tahun 2009, dan menjadi daerah tiga besar dalam penerbitan sertifikat eleoktronik di Indonesia,”jelasnya.

Ikuti kegiatan ini dengan serius, Semoga materi yang disampaikan dapat memberikan hasil yang baik untuk keamanan dalam pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan Pemkab Sijunjung,”harapnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut dari Kepala Bidang Siber dan Sandi Diskominfotik Sumbar, Eko Paisal dan Sandiman Muda Badan Siber dan Sandi Negara pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Nurman Yohan Sapondji. (gga/kmf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *