Erupsi Marapi Makin Intens, Bupati Eka Minta Masyarakat Tetap Waspada 

KHATULISTIWA | Tanah Datar, Sumatera Barat

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengeluarkan imbauan terkait kesiapsiagaan terhadap bencana erupsi Gunung Marapi yang tiga hari terakhir mengalami aktivitas cukup intens.

Imbauan dikeluarkan Bupati usai tinjauan ke beberapa titik di sekitar kaki Gunung Marapi juga berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait aktivitas erupsi yang semakin meningkat serta hasil koordinasi dengan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Barat.

Berikut sejumlah imbauan dari Bupati Tanah Datar untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan pengunjung/wisatawan terutama yang berada di sekitar Gunung Api Marapi:

  1. Tidak melakukan aktivitas kegiatan pendakian Gunung Marapi, terutama dalam radius 3 KM dalam keaadan erupsi, Level II (Waspada).
  2. Tetap tenang, tidak panik, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Marapi dan harap selalu berkoordisnasi dengan BPBD, PVMBG, KSDA Sumatera Barat dan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.
  3. Memakai masker saat berada di luar rumah apabila terjadi pencemaran udara akibat abu vulkanik.
  4. Mencuci bersih sayuran dan buah-buah sebelum dikonsumsi serta menutup tempat penampungan air bersih agar terhindar dari debu vulkanik.
  5. Selalu waspada apabila sewaktu-waktu terjadi letusan Gunung Marapi disertai semburan abu vulkanik dan lontaran batu pijar.
  6. Kepada Kepala OPD terkait untuk dapat segera melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk segera menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk rencana kontijensi dan mitigasi erupsi Gunung Marapi.
  7. Kepada Camat dan Wali Nagari untuk melakukan pengawasan kepada masyarakat terhadap dampak dari pada erupsi Gunung Marapi.
  8. Untuk keadaan darurat bencana dapat dihubungi posko Badang Penanggungalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar / PUSDALOPS Nomor Tlp. (0752) 4416164; HP. 08126779561 / 08137498808. (Aura)

Pos terkait