Festival Tabek Ganggam II Tahun 2023 Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Wisman dengan Antusias

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Festival Tabek Ganggam II Tahun 2023 di Nagari Cubadak Kecamatan Limakaum Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (12/8) yang resmi di buka oleh Bupati Eka Putra mendapatkan antusias yang luar biasa dari para pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut di sampaikan oleh Asrizallis, Walinagari Cubadak pada laporannya di acara tersebut.

“Dapat kami laporkan kepada Bapak Bupati bahwasanya festival Tabek Ganggam ini adalah festival yang kedua setelah tahun 2022 kemarin dan Alhamdulillah kepada panitia semua melalui ketua dan seluruh dukungan dari ninik mamak ke masyarakat, bundo kandung, pemuda dan alim ulama serta cadiak pandai serta panitia maka acara ini terlaksana sukses. Jadi yang terasa benar-benar Bapak Bupati dengan adanya event ini memupuk kebersamaan kepedulian semua komponen bisa mengumpulkan yang taserak, Pak. Keberkatannya luar biasa Festival Tabek Ganggam ini,” papar Asrizallis.

Lebih lanjut sambungnya, sebelum event ini wisatawan yang datang berkunjung di hari libur itu hanya sekitar 400-an orang, setelah event pertama di tahun 2022 di atas 420 orang, dua kali lipat 800 sampai 1000 orang setiap minggunya yang berkunjung di sini.

 “Luar biasa dampaknya makanya kita bersyukur dengan inovasi Progul yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar kemudian seiring dengan berjalannya waktu Pak tiap orang ada masanya tiap masa ada orangnya,” lanjut Walinagari Cubadak tersebut.

” Alhamdulillah di tahun 2024 nanti Pak Kami sudah sepakat bersama Ninik mamak, tokoh masyarakat pemuda bahwa ada yang lebih dahsyat dari Tabek Ganggam yang ada di Nagari Cubadak. Kami memiliki 10 sumber mata air, Insyaallah bisa nanti diangkat menjadi pesona wisata di nagari Cubadak,” sambungnya.

“Terakhir, dulu waktu kami di tahun 2017 nagari kita masih nagari berkembang, tahun 2018 sampai sekarang Nagari Cubadak berubah menjadi nagari mandiri. Alhamdulillah kita dapat reward dari Kementerian desa dua kali berturut-turut pak, Rp 300 juta lebih walaupun udah ada anggota dewan mudah-mudahan ke depan bisa lagi kita mendapatkan pikirnya,” pungkas Asrizallis.

Acara program unggulan satu nagari satu event yang bertemakan Festival Tabek Ganggam di Nagari Cubadak, Kecamatan Limakaum Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (12/8) secara resmi di buka oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.

Hadir juga Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, beserta istri, Ketua TP PKK Tanah Datar, Lise Eka Putra, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Roni Mulyadi, SE, Ketua LKAAM Kabupaten Tanah Datar, Walinagari se Kabupaten Tanah Datar, instansi vertikal, Kapolres yang mewakili, Dandim 0307 yang mewakili, Forkopimca kecamatan Limakaum, Forkopimda, angku Ninik mamak, alim ulama, Bundo kanduang, pemuda, para mahasiswa KKN, masyarakat serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (El)

Pos terkait