Gelar Kegiatan Pembinaan Terhadap KPM, Bupati Tanah Datar : Semoga Program KPM-PKH Jadi Batu Loncatan Menuju Kesejahteraan

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.,MM memberi arahan di kegiatan pembinaan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Masyarakat Nagari Tigo Jangko, di Mesjid Darul Huda Kecamatan Lintau Buo, Rabu (2/8).

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra berharap Masyarakat menjadikan program KPM-PKH sebagai batu loncatan menuju kesejahteraan yang harus diusahakan.

“Hari ini KPM tiga tahun ke depan menjadi pengusaha. Mari kita sama-sama bertekad Insya Allah menjadi keluarga yang sejahtera. Inilah harapan kita bersama,” ujar Bupati Eka.

Ia pun menambahkan kepada masyarakat penerima bantuan KPM- PKH agar berupaya meraih kesejahteraaan dengan memanfaatkan Program Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar.

“Manfaatkanlah program Pemda untuk mendukung kesejahteraan keluarga. Beberapa diantaranya, yakni Maksimalkan Pemberantasan Rentenir agar Hilang (Makan Rendang) di Tanah Datar. Dan sekarang juga ada program bantuan dari pusat yang kita kolaborasikan dengan program makan rendang yaitu Makan Rendang UMi AMBO yang nantinya akan disalurkan melalui Bumnag dan juga koperasi, maksimal pinjamannya 20 juta selama maksimal 2 tahun angsuran, tanpa agunan dan tanpa BI Ceking. Selain itu juga ada program Bajak Sawah Gratis, Ansuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Ansuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Afrizon, S.Ag mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan itu, ialah sebagai motivasi bagi Masyarakat agar tidak menerima bantuan KPM-PKH untuk waktu yang sangat panjang.

“Harus ada tekat kuat, untuk bisa berhenti menerima bantuan KPM-PKH, tanamkan keyakinan bahwa kita menerimanya karena sebuah kebutuhan, supaya kita tidak ketergantungan terhadap bantuan,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Pendamping Sosial Kecamatan Lintau Buo Yurid Arja melaporkan data penerima bantuan KPM-PKH aktif kurang lebih sebanyak 908 orang.

“Data KPM-PKH masih bergerak, saat ini tercatat kurang lebih 908 orang terdiri dari empat Nagari yang ada di Kecamatan Lintau Buo Utara,” ujarnya pada saat itu, yang turut dihadiri Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah. (El/pkp)

Pos terkait