Gelar Pelatihan Menulis Bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong, Pemkab Pasbar Kerjasama Bersama Perpusnas

KHATULISTIWA | Pasaman Barat

Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar pelatihan menulis bersama Duta Baca Indonesia, Gol A Gong. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati setempat itu, dibuka langsung oleh Bunda Literasi Kabupaten Pasaman Barat Titi Hamsuardi, Minggu (26/2).

Dalam sambutannya Bunda Literasi Pasbar Titi Hamsuardi menyampaikan apresiasi, kepada para penggiat literasi yang saat ini sudah bergerak untuk meningkatkan daya berliterasi di Tanah Tuah Basamo ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional dan  Perpustakaan Daerah Pasaman Barat ini, karena sesuai dan sejalan dengan visi Bunda Litersasi yaitu menciptakan Pasaman Barat cerdas, Pasaman Barat Berkualitas,” jelas Titi Hamsuardi.

Untuk langkah awal dalam mewujudkan visi ini, ia menjelaskan melalui gerakan literasi yang konsisten dan berkelanjutan. Ia mengharapkan kedepan gerakan ini harus lebih aktif, sehingga setiap kegiatan dapat dilaksanakan secara bersama-sama.

Selain itu, Titi Hamsuardi juga menghimbau kepada peserta dan masyarakat yang hadir agar menerapkan minat baca dan menulis kepada anak-anak generasi saat ini, sehingga kedepan membaca dan menulis sudah dijadikan sebagai hobi dan kegemaran bagi anak-anak.

“Manfaatnya nanti sangat besar dimana dapat membangun SDM Pasbar yang lebih produktif, terampil serta dapat menciptakan inovasi yang baru dalam membangun Pasaman Barat yang lebih baik kedepannya,” jelas Titi Hamsuardi.

Sementara itu, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar, Muharram menjelaskan bahwa Pasbar diberikan kesempatan untuk bisa mengikuti Safari Literasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional.

“Kita diberikan kesempatan yang sangat luar biasa oleh Perpustakaan Nasional terhadap giat literasi. Pasbar menjadi tempat tujuan Safari Literasi pertama oleh Gang A Gong sebagai Duta Baca Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan tema giat hari ini yakni ‘Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat’, diharapakan dapat meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat terkhusus kepada anak-anak generasi muda.

“Pemda melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan penulis-penulis handal dari Pasbar, saya yakin kita semua dapat mewujudkan harapan tersebut,” ujar Muharram.

Diakhir sambutannya, ia berpesan kepada semua peserta yang mengikuti pelatihan agar fokus terhadap materi dan pembelajaran dari Duta Baca Indonesia Gol A Gong sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud. (an)

Pos terkait