Indonesia Resmi Batal Jadi Tuan Rumah Dalam Ajang Piala Dunia U-20 FIFA 2023

Drawing Piala Dunia U-20 2023 (Foto: Dok. FIFA)

KHATULISTIWA | Jakarta

Federasi Sepak Bola DUnia atau Federation Internationale de Football Association (FIFA) resmi mengumumkan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA pun akan segera mengumumkan tuan rumah baru untuk event kelompok umur itu dalam waktu dekat.

Dalam siaran resminya yang dilansir situs PSSI, Rabu (29/3/2023), Pertemuan yang berlangsung 29 Maret 2023 antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir terkait dengan apa yang terjadi saat ini, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2023

FIFA tak merinci soal apakah bakal ada sanksi atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah. Namun FIFA menegaskan, meski Piala Dunia U-20 dibatalkan, mereka tetap membantu transformasi sepak bola Indonesia.

“FIFA ingin menegaskan, meski ada keputusan itu, kami tetap komitmen untuk secara aktif membantu PSSI, dengan juga kerja sama bersama Presiden Jokowi,” tulis FIFA dalam pernyataannya.

“FIFA tetap komitmen dalam proses transformasi di sepak bola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi di Oktober 2022,” lanjut pernyataan FIFA

Sepak bola Indonesia memang baru saja diguncang oleh tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Tragedi itu menelan 135 korban jiwa.

FIFA sebelumnya memang sudah berkomitmen untuk membantu Indonesia untuk atasi itu.

“Anggota FIFA akan terus hadir di Indonesia pada beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI di bawah kepemimpinan Presiden Erick Thohir,” bunyi pernyataan FIFA. (del/IP)

Pos terkait