Jelang Pembukaan Lapangan Cindua Mato, 100 Tenaga Kebersihan Laksanakan Gotong Royong

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Kurang lebih 100 tenaga kebersihan di Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong membersihkan taman Kota Lapangan Cindua Mato Batusangkar pada Rabu, (1/2/2023).

Tampak hadir Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Abdul Hakim, Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Tanah Datar Nofi Hendri beserta jajaran, perwakilan dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Pemadam Kebakaran, dan Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Perkim LH Nofi Henri di Batusangkar Rabu, mengatakan gotong royong tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat persiapan jelang pembukaan Lapangan Cindua Mato Batusangkar yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Kita pada hari ini adalah dalam upaya pembersihan dengan menurunkan kurang lebih 100 orang tenaga kebersihan, baik kebersihan taman maupun kebersihan jalan,” kata Nofi.

Diketahui, Lapangan Cindua Mato merupakan taman kota yang menjadi tempat bermain bagi masyarakat Batusangkar dan sekitarnya. Bahkan lapangan tersebut juga dijadikan tempat aktivitas olahraga bagi pelajar di daerah setempat.

Namun, dalam tiga tahun belakangan, atau pada masa kepemimpinan Bupati Almarhum Irdinansyah Tarmizi, dilakukan revitalisasi lapangan Cindua Mato Batusangkar. Pengerjaannya dilakukan langsung oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat.

Kini, akhirnya kerinduan masyarakat Tanah Datar akan dibukanya kembali taman kota Lapangan Cindua Mato Batusangkar segera terobati.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat secara resmi telah menyerahkan pengelolaan sementara pengembangan lapangan tersebut ke Pemkab Tanah Datar.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Taman Kota Cindua Mato yang dilaksanakan di Gedung Indojolito Batusangkar pada Jumat (27/1/2023) lalu.

“Hari ini serah terima asset yang kita bangun di Tanah Datar yaitu lapangan Cindua Mato, memelihara lebih susah daripada membangun. Kami berharap setelah serah terima dapat dipelihara dengan baik,” ujar Kepala BPPW Sumbar Kusworo Darpito.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyebut, acara serah terima itu menjadi momen yang sangat ditunggu oleh Pemerintah maupun masyarakat Tanah Datar. Ia menyebut, Pemkab Tanah Datar siap merawat, menjaga dan mengelola aset tersebut dengan baik sehingga bermanfaat besar untuk masyarakat.

“Angin segar yang dinanti-nantikanan masyarakat, insyaAllah tidak lama lagi akan dapat dimanfaatkan lagi oleh masyarakat. Setelah diserahkan tentunya Pemkab Tanah Datar akan berbenah bersiap untuk merawat Lapangan Cindua Mato,” ujar Bupati. (El)

Pos terkait