Lantik Camat Pariangan, Bupati Tanah Datar : Mari Bekerja Ikhlas dan Tampung Aspirasi Masyarakat

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Usai dilantik pada akhir bulan Desember 2023  lalu, Serah Terima Jabatan (Sertijab) camat bergulir, salah satunya Camat Pariangan dari Mulkhairi, S.Pd kepada Beni Oriza, SE yang disaksikan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.,MM, Kamis (18/1) di Gedung LKAAM kecamatan Pariangan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra usai sertijab tersebut dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pelantikan camat yang telah dilaksanakan pada Desember kemarin.

Bupati Eka Putra mengatakan, camat harus menjadi pelayan masyarakat, dari itu harus banyak turun ke masyarakat untuk melihat langsung kondisi masyarakat sembari menampung aspirasi masyarakat.

“Camat bukanlah pejabat yang harus dilayani. Yang pejabat itu masyarakat, dari itu mari layani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Sering turun kelapangan melihat langsung kondisi masyarakat, jika ada masalah yang bisa diselesaikan cukup diselesaikan di kecamatan saja, namun jika tidak baru langsung ke Saya,” kata Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga mengingatkan kepada camat yang baru agar bekerja lebih serius lagi, dan memasang niat yang ikhkas. “Selamat bertugas kepada camat yang baru, mari bekerja ikhlas, dengarkan keluhan masyarakat, berbuat untuk masyarakat terkhusus untuk wilayah kerjanya. Terima kasih kepada camat lama yang telah memberikan dedikasinya selama bertugas dua tahun di Kecamatan Pariangan,” ujarnya.

Bupati Eka Putra juga sampaikan jika Camat adalah perpanjangan tangan Bupati diwilayah kecamatan untuk itu semua permasalahan yang ada ditengah masyarakat baik ditingkat nagari agar dikoordinasikan dan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan camat.

Lebih jauh, Bupati Eka Putra mengingatkan agar Camat yang baru dilantik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Saat ini wilayah kecamatan Pariangan merupakan salah satu wilayah yang terdampak erupsi gunung Marapi, untuk itu selalu berkoordinasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan kenyamanan masyarakat,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati juga berpesan agar Camat yang baru dilantik bisa segera menyesuaikan diri dan mengenal lingkungan baru dengan cepat, serta meningkatkan pelayanan, pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di seluruh nagari yang ada di wilayahnya.

Sebelumnya Camat Pariangan yang lama Mulkhairi yang saat ini menjabat sebagai camat di Kecamatan Lintau Buo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat kecamatan Pariangan yang selama ini telah mendukung dirinya dalam menjalankan tugasnya.

Senada dengan itu juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra. Dia menambahkan, gerakan PKK mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan keluarga dan dalam menyokong percepatan pembangunan daerah serta menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi daerah.

Dia mengajak kepada Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik untuk segera berkolaborasi dan konsolidasi serta bersinergi dengan jajaran pengurus mulai dari TP PKK kabupaten hingga ke tingkat nagari. Hal ini ditekankan karena kader PKK nagari merupakan garda terdepan sekaligus ujung tombak TP PKK Kabupaten.

“Saya mengharapkan agar Ketua TP PKK kecamatan menjadi dinamisator atau jembatan penghubung di dalam dan keluar kelembagaan, menjalankan program dan kegiatan PKK di kecamatan, membina PKK nagari, jorong, para kader dan kelompok-kelompok dasawisma serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung pembangunan daerah melalui gerakan PKK,“ tambahnya.

Diakhir arahan Ny Lise juga sampaikan selamat bertugas dan teriring doa serta harapan kepada camat dan ketua TP PKK yang baru, semoga dapat mengemban tugas, amanah dan penuh tanggung jawab serta mampu mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama, yakninya mensejahterakan masyarakat, memajukan daerah serta menjadikan Tanah Datar yang madani dan bermartabat.

Sementara, Beni Oriza sebagai Camat yang baru menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah mempercayakan dirinya sebagai camat di Kecamatan Pariangan dan Ia berjanji akan bekerja ikhlas dan sungguh-sungguh untuk Pariangan lebih baik lagi ke depannya.

Dia juga berharap kepada semua pihak untuk dapat memberikan dukungan, suport, saran dan kritikan yang membangun serta doa kepadanya, sehingga kemajuan Kecamatan Pariangan dapat diwujudkan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan sekaligus sertijab Ketua TP PKK kecamatan Pariangan dari Ny. Mar Mulkhairi kepada Ny. Arnina Beni Oriza oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, Asisten, Staf Ahli, Camat dan forkopimca, mantan Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M Shadiq Pasadiqoe, wali Nagari dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (El)

Pos terkait