Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan Enam PNS Dalam Jabatan Manajerial, Ini Pesan Bupati Tanah Datar

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM melantik dan mengambil sumpah 6 (enam) orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam jabatan manajerial di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Jum’at (2/2) di gedung Indojolito Batusangkar.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Sekda Iqbal Ramadi Payana, para Staf Ahli, Tim Pansel, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Tanah Datar, Camat se Tanah Datar dan undangan lainnya

Usai pelantikan, Bupati Eka Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pejabat manajerial hari ini merupakan kelanjutan dari pelantikan yang sudah dilakukan pada 23 Januari yang lalu.

“Saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Harapan seluruh masyarakat Tanah Datar, hendaknya amanah yang diemban ini dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, dedikasi yang tinggi dengan semangat yang baru,” ujar Bupati.

Bupati Eka Putra juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pejabat pimpinan tinggi pratama dan seluruh ASN serta non ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar yang selama ini sudah bekerja dengan baik dalam mendukung jalannya roda pemerintahan di instansi masing-masing. Meskipun sering menghadapi berbagai permasalahan, seperti keterbatasan anggaran, SDM dan keterbatasan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung lainnya,

“Ke depan, Saya mengharapkan pejabat tinggi pratama bisa terus meningkatkan kinerjanya, sebab pejabat tinggi pratama merupakan seorang pemimpin sekaligus manajer yang sudah memiliki job description dan tugas yang jelas. Kita ini pelayan masyarakat, jadi didalam menjalankan amanah pelayanan terhadap masyarakat harus menjadi yang paling utama,” tambah Bupati.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga meminta agar pejabat yang baru dilantik untuk bergerak cepat dan segera melakukan penyesuaian dengan tim yang ada di OPD masing-masing.

“Jadilah saudara sebagai role-model atau keteladanan bagi bawahan, agar bawahan termotivasi untuk berpikir cerdas, bergerak cepat, dan bekerja giat, dengan pelaksanaan program yang tepat waktu, tepat biaya dan tepat sasaran. Jangan anggap bawahan kita sebagai musuh, kalau ada ide-ide dari bawahan jangan langsung dipatahkan. Sebaiknya dibahas dan dibicarakan dulu, sehingga akan muncul banyak inovasi-inovasi yang baru,” tambahnya.

Selain itu, Bupati juga berharap seluruh ASN bisa bekerja dengan kedua tangannya, bukan dengan kedua telinganya.

“Analoginya, kedua tangan akan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya, sehingga akan terbentuk tim yang solid antara antar perangkat daerah. Ciptakan kondisi kerja dengan sistem tim work, tinggalkan ego sektoral dan jangan mau menang sendiri,” pesan Bupati.

Bupati juga katakan, menjadi seorang pemimpin bukanlah sekedar pekerjaan semata, namun profesi yang menjadikan kita menjalankan pengabdian yang harus menanamkan prinsip good governance dan nilai-nilai integritas sebagai prinsip utamanya.

Kepada seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, juga dipesankan agar terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan kualitasnya.

“Kita Jangan bosan untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Tetaplah disiplin, itu yang utama. Tolong jaga nama baik dan reputasi diri, instansi serta Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang kita cintai,” tukasnya.

Berikut daftar nama pejabat manajerial yang baru dilantik :

1. Drs. Suhermen sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian

2. Harfian Fikri, S. Sos sebagai Kepala Dinas Pangan dan Perikanan

3. Nusirwan, SH, S. Sos, MT sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan

4. Yusnen, S. Ag, M.Si sebagai Kepala Dinas Perhubungan

5. dr. Ermon Revlin, MPH sebagai Kepala Pelaksana Badang Penanggulangan Bencana Daerah

6. Thamrin, ST sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. (El).

Pos terkait