Lantik Pengurus PMI se Kabupaten Tanah Datar, Ketua PMI Lise Eka Putra : Terus Bersinergi, Koordinasi dan Partisipasi Untuk Berinovasi

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra melantik pengurus PMI kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar Masa Bakti 2023-2028 di Gazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis (22/06).

Usai melantik Ketua PMI Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra katakan PMI kecamatan sebagai perpanjangan tangan dari PMI kabupaten dan ujung tombak PMI dalam melakukan pelayanan kepalang merahan kepada masyarakat, Ny. Lise Eka Putra menyampaikan agar mengaktifkan kembali kegiatan PMI dari kabupaten hingga kecamatan.

“Kami ingin mengaktifkan kegiatan-kegiatan PMI mulai dari kabupaten hingga kecamatan dengan menggalakkan kegiatan donor darah masal minimal 2 (dua) kali di setiap kecamatan, kegiatan kesiap siagaan bencana dan pelatihan pertolongan pertama untuk awam,”ucapnya.

Disampaikan Ny. Lise Eka Putra, Palang Merah Kecamatan khususnya, mempunyai kedudukan sebagai kelengkapan organisasi PMI Kabupaten yang dibentuk untuk mendekatkan pelayanan PMI kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

“Untuk memajukan PMI, kami mengharapkan perhatian pemerintah daerah dan kerjasama dengan lintas sektoral, pada kesempatan ini kami menegaskan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan OPD seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial serta OPD lainnya dalam membantu tugas-tugas pemerintah yang berhubungan dengan layanan kemanusiaan dan kepalangmerahan,”ujarnya.

Kepada pengurus PMI kecamatan yang baru dilantik Ny. Lise Eka Putra minta untuk melaksanakan tugas-tugas kepalang merahan dengan baik dan dapat menyediakan transfusi darah yang baik dan aman bagi masyarakat.

Lebih lanjut Lise Eka Putra menjelaskan bahwa dalam kurun waktu yang masih terhitung bulan, pengurus PMI Kabupaten Tanah Datar telah melakukan berbagai aktivitas sesuai yang diamanatkan Undang-undang No: 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan dan AD ART sebagai pemegang mandat dari pemerintah dalam pelayanan kemanusiaan.

Terakhir Ny.Lise berharap kepada para pengurus yang dilantik agar mampu bersinergi, berkoordinasi, dan memberikan partisipasi aktif dengan inovasi terbarukan.

Sementara itu Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus PMI kecamatan periode 2023- 2028 yang baru dilantik dan berharap niat baik berbuat untuk kemanusiaan mendapatkan balasan ibadah disisi Allah.SWT.

“Semoga pelantikan ini mempermudah pencapaian visi mewujudkan PMI yang proporsional dan berintegritas serta bergerak untuk masyarakat. Banyak harapan yang kita tumpangkan kepada PMI sebagai sebuah organisasi sosial kemanusiaan yang sesuai prinsip dan rohnya senantiasa hadir dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat” ulas Hakim.

Lebih lanjut Abdul Hakim menyampaikan agar pengurus PMI untuk terus memupuk semangat tolong menolong dan rasa kemanusiaan, karena hal ini adalah kearifan lokal masyarakat Indonesia yang harus dilestarikan. (El)

Pos terkait