Lestarikan Lingkungan Sekitar Pantai, Wabup Risnawanto Bersama Forkopimda Tanam 340 Pohon Mangrove

KHATULISTIWA | Pasaman Barat   

Bertemakan TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI, Kodim 0305/Pasaman bersama Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto dan Unsur Forkopimda melakukan penanaman 340 Pohon Mangrove yang dipusatkan di Pantai Muaro Tanjung Pohon Seribu Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Rabu (21/2).

Penanaman pohon yang dilaksanakan serentak itu dilakukan oleh Wabup Risnawanto, Ketua DPRD Pasbar Erianto, Dandim 0305 Pasaman Letnan Kolonel Inf Putra Negara, Kapolres diwakili Kabag OPS Kompol Mushendra, Kadis Perikanan Zulfi Agus, Kabid IKP Kominfo Yudhinal Reviola, Posal Air Bangis, TKSA Sasak Ranah Pasisie Yelfisman serta stakeholder terkait.

Penanaman Mangrove juga melibatkan masyarakat sekitaran pesisir pantai dan juga pelajar. Sebelum melaksanakan penanaman pohon, Wabup Risnawanto bersama stakeholder terkait melaksanakan konferensi secara online dengan Kodam 1/ Bukit Barisan yang dibuka langsung oleh Panglima Komando Daerah Militer 1/ Bukit Barisan Mayjen Muhammad Hasan.

Wabup Risnawanto mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama untuk penghijauan dan melestarikan lingkungan hidup di sekitaran pantai. Selain itu juga sebagai salah satu upaya pencegahan abrasi dan menciptakan lingkungan sekitar pantai yang bersih dan nyaman.

“Terima kasih kepada TNI atas kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan di pesisir pantai, semoga melalui kegiatan ini mengawali upaya kita dalam meminimalisir potensi dampak lingkungan terutama perairan. Kami mengajak masyarakat di sekiataran pantai ini untuk selalu menjaga lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0305/ Pasaman Letnan Kolonel Inf Putra Negara menjelaskan bahwa penanaman mangrove berjumlah 340 bibit pohon yang disebar seluas 2 (dua) hektar di sekitaran Pantai Muaro Tanjung Pohon Seribu Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. 

“Semoga dengan adanya penanaman mangrove ini wujud nyata kita semua dalam rangka membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan bisa terwujud,” harapnya.

Ia juga berharap penanaman manggrove yang lakukan mewujudkan wilayah yang Asri, Nyaman dan Lestari, termasuk mengantisipasi dampak negatif seperti abrasi pantai. (an)

Pos terkait