Meriahkan HUT RI ke 78, Pemkab Tanah Datar Gelar Pawai Alegoris yang Berlangsung Meriah dan Semarak

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun di Kota Batusangkar, yang digelar pada Minggu (20/8) begitu meriah dan semarak.

Pawai yang disaksikan oleh puluhan ribu pasang mata dari masyarakat kota Batusangkar dan sekitarnya itu dibuka dan dilepas secara langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM.

Pada acara tersebut juga hadir Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH, Ketua DPRD kabupaten Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar, Sekda, para Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Ketua IKA DPRD Kabupaten Tanah Datar, Ketua Persit Kodim 0307 Tanah Datar, Ketua Bhayangkara Polres Tanah Datar, Ketua IAD, Ketua Dharmayukti Karini, dan undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya saat membuka dan melepas acara tersebut, mengatakan bahwa pawai alegoris ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Tanah Datar dalam menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023 ini.

“Hari ini kita bersama Pemerintah Daerah Tanah Datar mengadakan pawai dalam rangka HUT RI ke 78. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya, tentunya bapak dan ibu para pengunjung sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan apa yang akan ditampilkan oleh Pemda, para pelajar kita¬† mulai dari tingkat SD sampai SMA dan juga masyarakat yang ada disekitar Kota Batusangkar ini. Untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban,” himbau Bupati Eka dihadapkan puluhan ribu pengunjung yang memadati Kota Batusangkar.

Bupati Eka juga katakan, bahwa pawai alegoris ini merupakan penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam memperingati HUT RI ke 78 tahun ini.

“Untuk itu sekali lagi Saya ingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir hari ini, mari bersama-sama kita mematuhi tata tertib dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia supaya kegiatan kita ini berjalan lancar hendaknya,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi sebagai Ketua panitia, menyampaikan pawai alegoris tahun 2023 ini diikuti oleh pelajar  mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA, OPD, jajaran BUMD dan BUMN hingga masyarakat umum.

Sementara dalam pelaksanaannya, pawai alegoris menampilkan keberagaman kebudayaan nusantara dan juga adat salingka nagari. Selain itu, juga menampilkan berbagai keberhasilan pembangunan dan prestasi yang diraih oleh Pemerintah Daerah kabupaten Tanah Datar.

Tidak itu saja, pawai tersebut juga menampilkan berbagai atraksi menarik dari para peserta pawai yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari pengunjung. (El)

Pos terkait