Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Gelar Musrenbang RPJM Periode 2023 – 2029  

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Kegiatan Musrenbang RPJM Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar yang berlangsung di aula kantor nagari Tanjung Barulak, Selasa (06/02) Periode 2023-2029 di hadiri oleh Camat Tanjung Emas beserta forkopimca, Kapolsek dan Danramil Tanjung Emas, Ketua KAN dan BPRN, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Pemuda serta masyarakat Nagari Tanjung Barulak. Pada kesempatan itu, Zulkifli Idris selaku Camat Tanjung Emas menyampaikan pesan dan harapan agar kedepannya nanti RPJM nagari ini sesuai dengan target dan porsentase pelaksanaannya di periode tersebut.

“Pertama kami ucapkan terimakasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada Walinagari, BPRN dan seluruh tim penyusun RPJM Nagari. Alhamdulillah untuk kecamatan Tanjung Emas, Nagari Tanjung Barulak yang pertama melaksanakan Musrenbang ini. Dengan masa jabatan walinagari saat ini, mudah-mudahan cukup untuk membangun Tanjung Barulak asalkan semua sesuai regulasi dan yang sudah direncanakan seperti yang sudah dipaparkan tadi. Di tambah lagi, kita juga harus menyesuaikan dengan progul pemerintah daerah yang saat ini sudah banyak di laksanakan di nagari lain. Kita samakan pada hari ini apa yang menjadi program kita dan program pemerintah daerah,” papar Zulkifli Idris.

Lebih lanjut, Zulkifli Idris juga menambahkan bahwa dalam RPJM ini harus tahu mana yang skala prioritas.

“Skala prioritas yang tahu ini dimana setiap tahunnya bisa diporsentasekan pencapaian kinerja pelaksanaan RPJM tadi. Artinya dari setiap program nagari pertahunnya berapa yang bisa di laksanakan agar di tahun berikutnya bisa menjadi acuan. Makanya nanti di akhir masa jabatan walinagari kita bisa melihat berapa persen yang sudah tercapai RPJM nagari tersebut,” imbuhnya.

Terakhir, Zulkifli Idris juga mengingatkan terkait pemilu dan pilkada di tahun 2024 ini, agar masyarakat menggunakan hak pilihannya di TPS masing-masing.

“Gunakanlah hak pilih kita pada pilihan masing-masing. Jangan sampai kita golput karena akan merugikan kita sendiri,” pungkasnya.

Fuadil Hulum, SIP Walinagari Tanjung Barulak pada kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini semua adalah finalisasi dari seluruh rangkaian kegiatan penyusunan RPJM Nagari Tanjung Barulak periode 2023-2029 ini.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah aktif membantu dan belerjasama terutama kepada tim rpjm ini sehingga semua bisa terlaksana dengan baik sampai hari ini. Dan pada hari ini Insyaallah akan kita sepakati, kita finalisasi semua usulan-usulan tentang pembangunan Nagari Tanjung Barulak kedepannya nanti. Saya berpesan, semua ini bisa terlaksana apabila kita lakukan bersama-sama, kompak dan selalu transparan. Tidak ada yang sulit apabila kita lakukan secara bersama. Agar Nagari Tanjung Barulak kedepannya lebih baik lagi,” ujar Fuadil.

“Bantu kami berikan gagasan, ide dan masukkan serta kritikan agar kita bisa mewujudkan semua yang sudah kita rencanakan supaya berjalan dengan lancar dan baik, terakhir juga saya sampaikan bahwa Posyandu Terintegritas Nagari Tanjung Barulak meraih Juara 1 tingkat Kabupaten Tanah Datar dan mewakili Tanah Datar untuk di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tutup Fuadil Hulum. (El)

Pos terkait