Resmi Buka PBK Tahap I, Bupati Eka Berharap Progul Dalam RPJMD 2021 – 2026 Terealisasi dan Tercipta Usahawan Baru

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. secara resmi membuka Pelatihan Berbasis  Kompetensi (PBK) tahap I, di Gazebo, Indo Jolito, Batusangkar, Selasa (23/1/2024).

Ada pun beberapa pelatihan yang  diselenggarakan diantaranya, Practical Office Advance, Service Sepeda Motor Injeksi, Asisten Pembuat Pakaian, Pembuat Kue dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana.

Bupati Eka Putra berharap melalui pelatihan itu, akan terealisasi salah satu Program Unggulan (Progul) yang telah tercantum pada RPJMD tahun 2021-2026, yakni menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja pertahun.

“Ada beberapa pelatihan terkait ketenagakerjaan yang akan mendukung Progul Pemerintahan Daerah (Pemda). Pelatihan ini, menjadi wadah bagi peserta untuk menjadi usahawan baru dibidangnya,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengharapkan agar peserta pelatihan PBK tahap 1 ini bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan tersebut, sehingga tujuan dari kegiatan itu terwujud dengan baik.

“Jauh-jauh ananda semua datang untuk mengikuti berbagai pelatihan ini, untuk itu ikutilah  dengan keseriusan. Semua ilmu yang didapat disini, akan berguna bagi ananda yang ingin mandiri dalam berusaha,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas (BPVP) Padang diwakili Sub Koordinator Produktivitas Fauzan, SE berharap peserta bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian pelatihan karena diakhir pelatihan akan ada uji kompetensi.

Ia pun menginformasikan bahwa BPVP Padang juga membuka peluang  bagi Masyarakat Tanah Datar yang ingin mengikuti pelatihan secara gratis.

“Insha Allah, dari Kementerian Tenaga Kerja RI akan ada penambahan paket  pelatihan. Dan, kami menginformasi bagi Masyarakat Tanah Datar yang ingin mengikuti pelatihan di BPVP Padang, kami membuka peluang untuk itu, secara gratis,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas PTSP Naker Tanah Datar Syofa Nofa Budianto, SH dalam laporannya mengatakan tujuan pelatihan itu untuk menjadikan BLK Batusangkar sebagai lembaga pelatihan kerja yang unggul sesuai kebutuhan industri dan tenaga kerja.

Ia pun menambahkan, peserta pelatihan PBK tahap I berjumlah 80 orang untuk 5 paket pelatihan yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan, pemberdayaan serta uji kompetensi akan menciptakan calon-calon tenaga kerja yang kompeten, disiplin dan berdaya saing,” ujarnya. (El)

Pos terkait