Selain OTT Bupati Meranti, Satu Orang Auditor BPK Perwakilan Riau Diamankan KPK

KHATULISTIWA | Jabodetabek

Ali Fikri selaku Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam keterangannya mengatakan bahwa dalam operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil (MFA) dan beberapa pejabat Pemkab Kepulauan Meranti lainnya, juga turut serta diamankan satu orang auditor Auditor Bada Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Riau.

Ali menjelaskan,”Tersangka ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pemotongan anggaran, gratifikasi jasa travel umrah dan suap terkait pemeriksaan oleh auditor BPK agar Pemkab Kepulauan Meranti memperoleh predikat WTP,” ujarnya dalam keterangannya Pers, Sabtu (8/4/2023).

Diketahui sebelumnya, KPK saat OTT Bupati Meranti Muhammad Adil juga ada total 28 orang yang diamankan, tetapi hanya delapan orang yang diduga terlibat akan diperiksa di gedung KPK.

Dalam hal ini, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan,””Benar, Kamis (6/4/2023) malam tim KPK berhasil melakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Beberapa pihak sudah ditangkap diantaranya Bupati,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua KPK Firli mengatakan hingga saat ini tim KPK masih bekerja. Pihaknya terus mengumpulkan bahan keterangan dari beberapa pihak. Setelahnya pasti disampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat.

“Karena baru pertama tangkap tangan, sejak Januari sampai dengan 31 Maret 2023 tidak ada OTT, ini sesuatu yang memang mengejutkan,” ujarnya.

Pihaknya akan selalu sampaikan bahwa harus bekerja profesional sesuai ketentuan Hukum dan peraturan perundang undangan. “Tidak boleh ada cacat hukum diakhir masa jabatan pimpinan KPK karena kami berlima selalu hati-hati, prudent dan kompak dalam membuat keputusan. Setiap keputusan diambil secara bulat,” terang Firli mengakhiri. (del)

Pos terkait