Usai Lantik dan Sertijab Camat Batipuh Selatan, Bupati Tanah Datar : Selamat Bertugas, Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

KHATULISTIWA | Tanah Datar

Pasca dilantik beberapa waktu lalu oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM dan usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Muhammad As’ad, S. Pd Pimpin Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.

Sertijab dan pisah sambut dari camat yang lama Benny Yohendri, S. Sos kepada camat yang baru Muhammad As’ad yang juga dirangkai dengan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Batipuh Selatan Ny. Vina M. As’ad oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra itu dilaksanakan di SMPN 1 Batipuh Selatan, Rabu (31/01).

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan sertijab ini rangkaian dari kegiatan pelantikan, mutasi, rotasi dan promosi pejabat pimpinan tinggi pratama, dan pejabat administrator lingkup pemkab Tanah Datar yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Selamat bertugas kepada Saudara M. As’ad atau Pak Ujang selaku Camat Batipuh Selatan yang mana sebelumnya menjadi Sekretaris Camat di kecamatan yang sama dan terima kasih kepada sdr. Benny Yohendri yang saat ini telah memasuki masa pensiun,” ucapnya.

“Terima kasih telah mengabdikan diri di Batipuh Selatan ini banyak prestasi yang diraih, satu nagari, satu ivent sukses, bajak sawah gratis tuntas dan disusul program unggulan lainnya lancar dan sukses juga, semoga ini juga bisa dilanjutkan bahkan lebih baik lagi oleh camat yang baru,“ tambahnya.

Bupati Eka Putra sebut, jika Camat adalah perpanjangan tangan Bupati diwilayah kecamatan untuk itu semua permasalahan yang ada ditengah masyarakat baik ditingkat nagari agar dikoordinasikan dan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan camat.

Juga disampaikan Bupati, jika Batsel adalah salah satu kecamatan andalan di Tanah Datar dibidang pariwisata, banyak mendatangkan pengunjung dari itu diharapkan kepada masyarkat untuk ramah menyambut tamu dan bagi pedagang untuk tidak menaikkan harga seenaknya.

“Camat selalu membina hubungan baik, meningkatkan pelayanan publik, kawal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan nagari, meningkatkan sinergisitas dengan Forkopimca dan wali nagari serta masyarakat.” harapnya.

Bupati juga sampaikan jika masyarakat Batsel di selingkar Danau Singkarak telah menghibahkan tanah dipinggir jalan sepanjang 4 kilo meter dan di tahun 2025 nanti jalan tersebut akan diperlebar.

Sebelumnya Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra usai melantik Ny. Vina M. As’ad menjadi Ketua TP PKK Batsel sekaligus sertijab dari Ketua TP PKK yang lama Ny. Liza Benny Yohendri, mengatakan gerakan PKK mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan keluarga dan dalam menyokong percepatan pembangunan daerah serta menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi daerah.

Dari itu Ny. Lise Eka Putra minta Ketua TP PKK yang baru dilantik untuk segera berkolaborasi dan konsolidasi serta bersinergi dengan jajaran pengurus mulai dari TP PKK kabupaten, kecamatan dan nagari, serta kader-kader PKK di nagari-nagari, mengingat kader PKK nagari adalah garda terdepan sekaligus ujung tombak TP PKK kabupaten.

“Kerja berat kita masih menanti, angka stunting Tanah Datar masih 18,9 persen, sementara kita harus mengejar target penurunan diangka 14 persen pada tahun 2024 ini, sebuah PR yang akan dituntaskan, ini mustahil bisa dicapai tanpa adanya kekuatan dalam keluarga, dari itu perlunya peranan TPPKK kecamatan sebagai perpanjangan tangan dari kabupaten dan sebagai mitra dari Pemerintah,“ ujarnya.

Ny. Lise berharap, ketua TP PKK yang baru juga segera melakukan gerakan PKK di kecamatan, di samping penerapan 10 program pokok PKK untuk menunjang pembangunan daerah terkhusus dibidang pemberdayaan masyarakat.

Disebutkan Ny. Lise Eka Putra, berbagai persoalan masih terjadi ditengah-tengah masyarakat seperti pernikahan diusia dini, melahirkan diusia terlalu muda, melahirkan terlalu tua, jarak kelahiran yang terlalu dekat dan berbagai permasalahan lainya yang perlu diberikan edukasi dan pendampingan.

“Saya juga harapkan agar ketua TP PKK kecamatan menjadi dinamisator atau jembatan penghubung di dalam dan keluar kelembagaan, menjalankan program dan kegiatan PKK di kecamatan, membina PKK nagari, jorong, para kader dan kelompok-kelompok dasawisma serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung pembangunan daerah melalui gerakan PKK,“ tambahnya.

Sebelumnya Camat yang lama Benny Yohendri menyanpaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah mempercayakan dirinya selaku camat di Batsel, sembari menceritakan awalnya menjadi CPNS sebagai sopir camat di Kecamatan Tanjung Emas hingga pensiun dipercaya menjadi Camat di Batsel oleh Bupati Eka Putra.

Hal senada juga disampaikan Camat yang baru M. As’ad, ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah mempercayakan dirinya menjadi Camat di Batipuh Selatan sambil berseloroh, tak ingin pindah hingga pensiun menjadi Camat di Batsel. (El)

Pos terkait