Wabup Risnawanto Didampingi Sekda Serahkan Zakat Fitrah ke Baznas Bagi 2.675 Mustahik

KHATULISTIWA | Pasaman Barat

Sesuai arahan dan imbauan dari Presiden RI Jokowi kepada seluruh umat Islam khususnya pejabat negara, Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN dan seluruh kepala daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Hendra Putra menyerahkan langsung zakat fitrahnya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasaman Barat, di Auditorium Kantor Bupati, Kamis (6/4).

Adapun penyerahan Zakat tersebut merupakan tindak lanjut imbauan Presiden untuk seluruh kepala daerah di seluruh Tanah Air.

Zakat ini nantinya akan disalurkan bagi 2.675 Mustahik yang dibagikan untuk beberapa program Baznas. Mulai dari program Pasbar Sehat, Pasbar Cerdas, Pasbar Sejahtera dan lainnya. Dengan total dana Rp 1,6 miliar yang sudah di bagikan.

Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur dan nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan berbagi rezeki dan kebahagian, meyerahkan sebagian harta dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan bentuk solidaritas sosial dengan saudara-saudara yang membutuhkan.

“Selama ini telah banyak yang menyampaikan kepada kita bahwa dengan adanya program-program Baznas Pasaman Barat banyak masyarakat kita yang merasa terbantu. Mulai dari Pasbar Sehat, Pasbar Sejahtera, Pasbar Cerdas,” ungkap Risnawanto.

Untuk itu, pemerintah terus berikhtiar untuk menurunkan angka kemiskinan. Khususnya menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Ikhtiar itu membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak termasuk melalui penghimpunan dana zakat dan zakat fitrah oleh Baznas.

“Apalagi zakat yang diterima oleh mustahik tepat pada waktu yang dibutuhkan, seperti jelang lebaran ini,” katanya.

Risnawanto juga mengimbau serta meminta dukungan dari ASN, BUMN, perusahaan di Kabupaten Pasaman Barat agar menyalurkan zakatnya melalui Baznas Pasaman Barat. Sehingga banyak masyarakat yang terbantu dengan program Baznas.

“Walaupun progresnya pengumpulan zakat di luar PNS ini ada, namun perlu kita tingkatkan,” ujarnya.

Dalam hal ini, Ketua Baznas Pasaman Barat Muhajir menjelaskan jika penyaluran zakat fitrah melalui Baznas merupakan tindak lanjut dari imbauan Presiden RI Joko Widodo.

“Bagi ASN yang menyalurkan zakat fitrah ke Baznas kami ucapkan terima kasih. Kami juga harapkan pembayaran zakat fitrah melalui Baznas karena amal regulasinya jelas, amal NKRI karena sudah ada imbauan dari pimpinan kita, serta amal sesuai syariat Islam,” katanya. (BEP)

Pos terkait