11 Pokmaswas Perikanan Terima 35000 Bibit Ikan Garing dari Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus K

KHATULISTIWA | Pasaman Barat

Sebanyak 11 Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas Perikanan), terima Bibit Ikan Gariang. Rinciannya, 10 Pokmaswas di Kinali dan 1 Pokmaswas di Sungai Aur.

“Penebaran bibit ikan ini untuk melestarikan keanekaragaman ikan serta pemenuhan kebutuhan protein masyarakat di masa datang,” ungkap Wakil Ketua DPRD Pasbar, Daliyus K saat menyerahkan bibit ikan itu secara simbolis, Kamis.

Bibit Ikan Gariang yang diserahkan itu sebanyak 35.000 ekor atau senilai Rp100 juta. Bantuan ini merupakan aspirasi masyarakat yang diakomodir melalui pokok pikiran (Pokir) Daliyus sebagai anggota DPRD Pasbar periode 2019-2024.

Pokmaswas penerima yakni Pokmaswas Panco, Saiyo, Sakato, Masjid Jamik Air Putih, Balero Langgam, Gempaski, Tunas Baru, Rantiang Cubadak, Mina Silambau, Banda Masjid dan Banjar Bolak.

Aturan Pelarangan

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Daliyus melalui dana Pokirnya.

“Sulitnya stok ikan di Pasbar dengan harga yang tergolong tinggi, membuat program penyerahan bantuan Bibit Ikan Gariang itu sangat didukung Pemkab Pasbar,” ungkap Hamsuardi.

Hamsuardi berharap, program tersebut dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.

“Dulu untuk mendapatkan ikan di Pasbar ini cukup mudah. Stok ikan banyak dan harganyapun masih relatif murah. Namun belakangan, ikan terutama ikan laut terhitung mahal,” ungkapnya.

“Adanya program ini mudah-mudahan dapat membantu kita semua dalam memperoleh ikan terutama untuk pemenuhan kebutuhan protein. Kita buatkan aturan, untuk tidak menangkap ikan dengan cara menggunakan racun, listrik atau bahan berbahaya lainnya,” tambah Hamsuardi.

Dikesempatan itu, juga dilakukan pelepasan Bibit Ikan Gariang secara simbolis di Sungai Masjid Raya Pasar Durian Kilangan, Jorong Langgam, Kecamatan Kinali, sebanyak 4000 ekor. Ikut hadir Kepala Dinas Perikanan, Zulfi Agus dan Kepala DPMN, Randy Hendrawan. (an)

Pos terkait