Anggota DPRD Pasbar Heri Miheldi Bersama Kadispar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Selam Jenjang Open Water

KHATULISTIWA | Pasaman Barat, Sumatera Barat

Tuah Basamo Diving Club (TBDC) Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) gelar kegiatan dan pelatihan selam Jenjang A1 Open Water yang akan dilaksanakan di perairan Air Bangis Sungai Beremas Sabtu (03/12).

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang akan dilaksanakan mulai 01 Desember 2022 sampai 05 Desember 2022 ini terlaksana karena adanya Kolaborasi antara Kadispar Pasbar Decky Harmiko Sahputra, SH., dengan Anggota DPRD Pasbar Heri Miheldi dengan instruktur Mabruri Tanjung, SH., pemegang lisensi Instruktur B2 POSSI-CMAS.

Tahapan pendidikan yang dilakukan untuk bisa lolos sertifikasi selam antara laian: PAP (Pendidikan Akademik Penyelaman), LKK (Latihan Ketrampilan Kolam), Ujian materi, dan LPT (Latihan Perairan Terbuka).

Pada hari pertama Kamis (01/12) diadakan Pendidikan Akademik Penyelaman (PAP) di Komplek Latifa jalur 32 Pasbar. Adapun PAP merupakan sesi penyampaian materi penyelaman yang aman dan nyaman berdasarkan POSSI.

Selanjutnya pada hari kedua (2) Jumat (02/12) Latihan Ketrampilan Kolam (LKK) dilakukan di kolam renang Mountain View Simpang Tiga (3). Pada saat LKK ini peserta diajarkan skill waterman ship yaitu keahlian renang dasar, skin dive yaitu keahlian berenang menggunakan masker dan fin, dan dasar-dasar teknik penyelaman yang meliputi pengenalan alat-alat selam sampai cara menggunakannya dengan benar.

Sertifikasi selam jenjang open water ini di ikuti oleh 8 orang masyarakat Air Bangis yang tergabung didalam Pokdarwis serta 2 orang dari Anggota POSSI Pasbar.

“Sertifikat A1 ini merupakan Jenjang satu (1) atau Dasar dan merupakan suatu legalitas untuk melakukan kegiatan penyelaman” ujar Mabruri Tanjung

Mabruri tanjung juga menyebutkan, dengan sertifikat selam bukan hanya sekedar surat yang menyatakan bahwa seseorang diperbolehkan menyelam, namun berbanding lurus harus ditunjang dengan kemampuan penyelam.

“Berbagai perencanaan penyelaman perlu dipersiapkan dengan baik agar penyelaman menjadi aman, kondisi fisik dan mental perlu dipersiapkan dengan matang untuk menghadapi berbagai keadaan darurat yang mungkin terjadi dalam penyelaman,” jelas Mabruri Tanjung. (an)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Você pode usar o software de gerenciamento dos pais para orientar e supervisionar o comportamento dos filhos na Internet. Com a ajuda dos 10 softwares de gerenciamento de pais mais inteligentes a seguir, você pode rastrear o histórico de chamadas de seu filho, histórico de navegação, acesso a conteúdo perigoso, aplicativos que eles instalam etc.